5 Nabi dan Rasul Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

 Nabi dan Rasul adalah orang-orang pilihan Allah Subhana wa Ta’ala yang dipercaya untuk menerima wahyu dan risalah dari Allah untuk disampaikan kepada umat manusia.

Banyak para nabi dan rasul yang Allah utus, namun dari sekian banyak tersebut hanya ada 25 nabi dan rasul saja yang wajib diimani oleh umat muslim. Tiap nabi dan rasul ini memiliki kisahnya masing-masing saat sedang berdakwah kepada umatnya.

Kemudian dari 25 nabi dan rasul tersebut, ada lima diantaranya yang mendapatkan keistimewaan, yakni berupa ketabahan dan keteguhan hati yang luar biasa. Mereka itulah yang disebut dengan Ulul Azmi.

Ulul Azmi ini merupakan sebuah gelar khusus yang diberikan pada beberapa nabi dan rasul yang memiliki ketabahan dan tingkat kesabaran yang luar biasa, khususnya saat mereka sedang menjalankan misi dakwahnya.

Istilah Ulul Azmi ini sendiri terdiri dari dua kata, yakni ulul dan azmi. Ulu atau uli artinya memiliki. Sedangkan azmi artinya tekad atau keteguhan hati yang kuat. Jadi, Ulul Azmi ini bisa diartikan seseorang yang memiliki ketabahan, kesabaran dan keuletan yang luar biasa dalam menjalankan misi dakwahnya sebagai nabi dan rasul walaupun harus menghadapi berbagai rintangan yang sangat berat.

Adapun ciri-ciri Ulul Azmi adalah sebagai berikut :

  • Menerima agama Allah beserta syariat-Nya
  • Menerima pernjanjian serta ‘Wasiat’ dari Allah Subhana wa Ta’ala
  • Menyampaikan ajaran kitab samawi
  • Memiliki kesabaran yang tinggi
  • Selalu berdoa kepada Allah Subhana wa Ta’ala supaya kaumnya diberi hidayah
  • Selalu memohon kepada Allah Subhana wa Ta’ala supaya kaumnya tidak diberikan azab

Selain itu, terdapat bukti Allah Subhana wa Ta’ala menetapkan ke 5 Nabi dan Rasul Ulul Azmi, yang tercantum di dalam Al Quran :

“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari Kamu (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa Putera Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh,” (QS. Al-Ahzab : 7).

  1. Nabi Nuh Alaihi Salam

Nabi Nuh Alaihi Salam merupakan nabi yang pertama mendapatkan wahyu dan wajib menyampaikannya pada umatnya. Beliau mendapatkan gelar Ulul Azmi berkat kesabaran dan ketabahannya saat berdakwah menyebarkan agama Islam, walaupun banyak ditentang dan dihina.

  1. Nabi Ibrahim Alaihi Salam

Nabi Ibrahim Alaihi Salam dikenal sebagai ayah dari para nabi. Beliau sangat dihormati oleh pemeluk tiga agama samawi, yakni Islam, Yahudi, dan Kristen. Selain itu, Nabi Ibrahim adalah orang yang membangun Ka’bah di Makkah bersama anaknya, Nabi Ismail. Berkat kesebaran dan ketabahannya dalam menyampaikan ajaran tauhid pada ayah dan kaumnya, sehingga beliau mendapatkan gelar Ulul Azmi.

  1. Nabi Musa Alaihi Salam

Nabi Musa Alaihi Salam juga termasuk salah satu nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi. Hal ini berkat ketabahannya dalam menghadapi Raja Fir’aun dan kaumnya Bani Israel yang selalu mengingkarinya.

  1. Nabi Isa Alaihi Salam

Nabi Isa Alaihi Salam merupakan satu-satunya nabi yang yang dilahirkan tanpa seorang ayah. Selain itu, beliau juga mendapatkan gelar Ulul Azmi berkat ketabahan dan kegigihannya dalam menyampaikan ajaran tauhid yang mengesakan Allah, meskipun mendapatkan berbagai tantangan dari kaumnya sendiri Bani Israel maupun dari Kerajaan Romawi.

  1. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassallam

Selain sebagai penutup para nabi, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassallam juga termasuk orang yang mendapat gelar Nabi dan Rasul Ulul Azmi. Hal ini berkat kesabaran dan ketabahannya saat berdakwah menyebarkan agama Islam, walaupun banyak ditentang dan dihina oleh kaum kafir Quaraisy karena dianggap menyebarkan agama yang bertentangan dengan tradisi nenek moyang mereka.

Berkat ketabahan, kesabaran dan kegigihannya dalam menjalankan dakwah, kini Islam bukan hanya tersebar di jazirah Arab saja, melainkan hingga ke seluruh penjuru dunia.

5 Nabi dan Rasul Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BREAKDOWN
Berita Sapakarya mengatakan...

Artikel Yang Sangat Menarik,Kunjungi Website Saya Please Jasa cleaning service

Posting Komentar